Social Return on Investment

Disarikan dari SROI-Social Value, Winslow House, Rumford Court, Rumford Place, Liverpool L3 9DG

Pengantar

Seseorang bisa saja mengetahui  harga segala sesuatu, tetapi mungkin saja dia tidak mengetahui nilainya”, Oscar Wilde.

Sebagian besar organisasi, memiliki gagasan bagus tentang alokasi biaya dari apa yang mereka lakukan. Ini tercermin dari rencana anggaran tahunan organisasi untuk memastikan hal-hal yang diinginkan dapat terlaksana dengan baik. Beberapa organisasi cukup kompeten menghitung apa yang mereka lakukan dengan sumber daya dana ini. Mereka bisa melacak jumlah pengguna, akan tetapi sangat sedikit yang bisa menjelaskan dengan jelas mengapa semua ini penting Apa yang akan terjadi jika tidak alokasi anggaran? Apa nilai sebenarnya dari apa yang mereka lakukan?. Social Return on Investment menegaskan kepada nilai sosial dari suatu kegiatan, tidak hanya berumpu kepada biaya yang dikeluarkan. SROI bertujuan untuk meningkatkan kesetaraan sosial, keberlanjutan lingkungan dan kesejahteraan manusia.

Apa itu SROI?

SROI bukanlah pendekatan atau konsep baru tetapi dibangun berdasarkan pendekatan evaluasi dan kondisi ekonomi lingkungan yang sehat. SROI memfokuskan menjawab 5 pertanyaan kunci: (1) Siapa yang berubah? SROI memperhitungkan semua orang, organisasi dan lingkungan yang terkena dampak secara signifikan; (2) Bagaimana mereke berubah?. SROI memfokuskan tidak hanya kepada apa yang diinginkan akan tetapi juga memfokuskan pada pada semua perubahan yang berlangsung baik positif maupun negatif; (3) Bagaimana anda mengetahui? SROI mengumpulkan informasi dan bukti diluar pandangan individu; (4) Berapa banyak informasi yang dibutuhkan? SROI memperhitungkan semua pengaruh lainnya yang dapat saja mengakibatkan berubah ke arah yang lebih baik, atau kearah yang lebih buruk; (5) Berapa penting perubahan itu?. Memahami nilai (relatif)  dari hasil (outcome) terhadap semua orang, organisasi serta atau lingkungan. 

Bagaimana menggunakan SROI?

Jawaban sederhana adalah: jawablah lima pertanyaan di atas. Jangan lupakan 7 prinsip SROI. Prinsip-prinsip tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Libatkan stakeholder: Libatkan penerimamanfaat dan stakeholder lain dalam perencanaan tentang apa yang diukur dan bagaimana cara mengukurnya.
  2. Pahami perubahan-perubahan yang terjadi: kempangkan sejarah perubahan dan kumpulkan bukti-bukti baik perubahan positif maupun negatif.
  3. Tetapkan nilai keuntungan dan biaya: Beri peringkat kepentingan tentang keuntungan (benefit) ekonomi, sosial, dan lingkungan dan juga terkait dengan biaya-biaya.
  4. Hanya memasukkan apa yang menjadi material: Melaporkan segara sesuatu yang relevan dan penting (significant), tidak lebih.
  5. Jangan terlalu berlebihan membuat kesimpulan atau mengkalim sesuatu: bandingkan hasil (result) anda dengan apa yang telah terjadi.
  6. Transparan: Jelaskan bukti-bukti yang ditemukan secara transparan dan jelas demikian juga asumsinya.
  7. Ferifikasi hasilnya: Gunakan pendapat orang lain (second opinion) untuk memeriksa hasil anda.

Langkah Melibatkan Stakeholder

  • Siapa stakeholde Anda? Lakukan FGD untuk membuat daftar list stakeholder anda.
  1. Temui kelompok tertentu, bisa saja staf/voluntir/manajer/penerima manfaat.
  2. Tanyakan kepada kelompok tersebut ” siapa saja orang-orang yang dirasa telah membuat suatu perbedaan?. Buat daftar list nya.
  3. Lanjutkan pertanyaan… siapa yang telah dipengaruhi secara langsung? dan siapa yang dapat pengaruh kurang baik/negatif?.
  4. Tanyakan kepada kelompok Anda ajak bicara adakah kelompok lain yang dapatdiajak berdiskusi? Apakah ada orang atau kelompok atau organisasi lain yang mungkin dapat membuat perbedaan besar (perubahan) akan tetapi anda belum berdiskusi dengan kelompok ini. Apakah ada yang ingin kamu lakukan tentang ini?
  • Berbicara kepada stakeholder
  1. Identifikasi daftar stakeholder yang akan diajakberdiskusi, yakini bahwa stakeholder ini merupakan stakeholder yang representatif yang dapat membuatperbedaan besar (perubahan).
  2. Tanyakan kepada mereka “ Perubahan-perubahan apa yang telah terjadi sebagai konsekuensi dari keikutsertaan dalam kegiatan-kegiatan tertentu.
  3. Perubahan-perubahan apa yang diharapkan untuk dapat dilihat sebagai hasil dari keterlibatan dalam suatu kegiatan.
  • Jangan hanya konsultasi, akan tetapi coba melibatkan
  1. Mulailah dengan mengidentifikasi beberapa stakeholder yang penting dalam proses evaluasi. Berikan perhatian utama kepada orang-orang yang mengalami perubahan sebagai akibat keterlibatan dalam kegiatan. Fokuskan kepadakelompok penerima manfaat.
  2. Lakukan FGD untuk menjawab pertanyaan berikut: Apa pemikiran mereka tentang perubahan penting yang telah dihasilkan; Bagaimana kita mengetahui bahwa perubahan memang telah terjadi; Bagaimana cara melibatkan anda untuk memahami nilai-nilai yang akan kita buat/ciptakan di masa yang akan datang?

Langkah dalam Memahami Perubahan

  • Sejarah Perubahan
  1. Berdasarkan diskusi dengan stakeholder pada bagian di atas, hasil-hasil perubahan yang terjadi, diuraikan lebih lanjut
    • ……….lebih banyak……..lebih sedikit…….jangkapanjang…….jangka pendek…..
    • ……….lebih baik……….meningkat……….berkurang………….sangat baik
  2. Tulis masing-masing hasil (outcome) pada kartu, dan kelompokkan kedalam jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang (tulis dengan pengertian/definisi anda sendiri)
  3. Tulis ssampai selesai dan anda sekarang mempunyai draft tentang sejarah perubahan.
  • Hasil Negatif
  1. Undang kelompok kecil untuk brainstorming singkat
  2. Mulai dengan daftar stakeholder utama (tidak lebih dari 10), yang dianggap telah membuat perubahan utama.
  3. Dengan mempertimbangkan 10 stakeholder tersebut, buat daftar list hasil negatif serta dampak potensial negatif dari masing-masing stakeholder tersebut.
  4. Sekarang, pertimbangkan bahwa ada beberapa orang atau organisasi yang mendapat pengaruh negatif tersebut termasuk dampak negatif terhadap komponen lingkungan.
  5. Lebih lanjut buat daftar perubahan negatif atau hasil negatih dari stakeholder tersebut.
  • Dimana bukti-bukti anda?
  1. Pilih 5 – 6 hasil perubahan yang dianggap penting.
  2. Untuk masing-masing perubahan tersebut, bukti apa yang andapunya. Ini akan berguna dalam: melaporkan bukti, mengobservasi bukti, mengumpulkan bukti melalui tools kuisioner.
  3. Untuk masing-masing hasil, buatlah skor dari kualitas bukti-bukti anda dengan skala 0 sampai 5 (tidak ada sama sekali……..sampai rigid atau kaku)

Langkah Menilai Sesuatu

  • Berapa penting hasil/outcome anda?
  1. Buat daftar list hasil-hasil/outcome penting yang diperoleh dari stakeholder kunci (6 – 10 masih rasional)
  2. Dalam diskusi kelompok kecil, minta partisipan mengalokasikan penilaian “poin penting” dari masing-masing hasil/outcome tersebut.
  3. Kumpulkan hasilnya, dan buat daftar prioritas dari hasil/outcome tersebut.
  4. Setelah itu tanyakan kepada partisipan, apa alasan-alasan mereka terkait dengan daftar list prioritas tersebut.
  5. Jika anda dapat mencapai konsensus terhadap semua prioritas hasil tersebut, maka pertimbangan-pertimbangan terhadap kepentingan hasil/outcome tersebut akan dapat dicapai.
  • Gunakan publikasi penelitian untuk mengidentifikasi hasil anda
  1. Sepakati daftar list hasil/outcome kunci dan stakeholder kunci (untuk masing-masing hasil) yang ingin dinilai/diidentifikasi.
  2. Gunakan google untuk menilai hasil/outcome tadi dengan menggunakan istilah: penghematan biaya, pengurangan biaya atau penghematan dana.
  3. Untuk masing-masing outcome, carilah riview 2 sampai 3 halaman dari google, dan download beberapa dokumen yang relevan.
  4. Baca dokumen tersebut dan coba identifikasi apakah ada yang memberikan suatu penilaian (provide a value).
  5. Nilai validitas dari sumber dokumen, kemudian berikan penilaian seberapa baik/tepat hal tersebut menggambarkan situasi anda dan seberapa banyak bukti yang dapat diperoleh dari sumber dkumen tersebut.
  • Coba Lakukan Permainan Nilai “value game”
  1. Lihat website www.valuegame.org dan pertimbangkanlah apakah anda dapat menggunakan pendekatan ini untuk beberapa stakeholder untuk memahami tingkat kepentingan atau menilai hasil/outcome.
  2. Pendekatan ini merupakan suatu cara praktis untuk menempatkan orang-orang dalam berfikir tentang “nilai” dengan menggunakan kartu permainan yang didasarkan kepada teknik ekonomis yang dapat diterima.

Langkah Memasukkan/Mempertimbangkan, Apa yang Menjadi Fokus Perhatian

  • Ada apa dengan Stakeholder Anda? Tempatkan Diri Anda dalam Kamar yang Lain
  1. Ajak beberapa orang tim anda dan tempatkan pada sisi lain dalam pertemuan dengan manajemen.
  2. Pilih suatu kelompok stakeholder penting seperti kelompok penerima manfaat.
  3. Buat daftar perbedaan kepentingan dan lakukan brainstorming.
  4. Sekarang, mintalah kepada mereka untuk memberikan pendapat tentang 3 perbedaan/perubahan/outcome yang sangat relefan untuk kelompok mereka, tambahkan skor untuk mendapatkan tingkatan yang relefan.
  5. Sekarang lakukan hal yang sama untuk hal-hal yang signifikan – ini mungkin menjadi sesuatu  yang sama, akan tetapi akan ada beberapa perbedaan.
  6. Akhirnya, bandingkan dengan apa yang anda pikirkan, hal mana yang paling relefan dan paling berpengaruhuntuk stakeholder anda.

  • Membuktikan: Tantang Pemahaman Anda
  1. Gambarkan perubahan atau hasil/outcome kepada 2 kelompok stakeholder penting
  2. Susunlah dan aturlah team anda untuk bertemu dengan 2 kelompok stakeholder tersebut.
  3. Mintalah kepada masing-masing kelompok untuk mengambil daftar hasil/outcome stakeholder dan tanyakan mengapa hasil-hasil/outcome tersebut tidak berpengaruh atau sangat relevan bagi kelompok.
  4. Kemudian tanayakan kepada masing-masing kelompok argumen-argumen positif yang dibuat kelompok lain.
  5. Tanyakan kepada semua kelompok, pertama kepada stakeholder yang satu kemudian juga kepada stakeholder yang lain. Diskusikan apakah pemahaman anda terhadap hal-hal yang relevan dan berpengaruh untuk meredam pemikiran negatif.

  • Bicarakan dengan Stakeholder Anda: Hanya Bertanya
  1. Pilih kelompok stakeholder penting seperti kelompok penerima manfaat.
  2. Ajaklah mereka untuk berdiskusi, mungkin selama satu jam.
  3. Ajaklah mereka dalam branstorming mengomentari semua perbedaan yang telah anda buat.
  4. Sekarang mintalah mereka melakukan voting untuk 3 perbedaan/perubahan/hasil (outcome)yang sangat relevan untuk mereka, berikan skor untuk mendapatkan tingkatan/rating yang relevan.

Langkah Menolak Klaim yang Berkebihan

  • Siapa Komponen Lain yang Membuat Perubahan? Daftar faktor-faktor lain.
  1. Gambarkan bersama tim kecil yang terdiri dari staf, stakeholder dan advisors.
  2. Lakukan brainstorming terhadap daftar orang-orang dan organisasi yang mempengaruhi atau berkontribusi terhadap hasil/outcome yang dicapai.
  3. Buatlah kesepakatan group melalui diskusi siapa yang menjadi ranking 1 sampai 5 yang berkontribusi paling penting dalam perubahan terhadap stakeholder.
  4. Catat bagaimana bagaimana  ranking 1 sampai 5  mempengaruhi stakeholder.
  • Apa yang Terjadi jika Anda tidak di Sana? Bicarakan dengan stakeholder anda.
  1. Identifikasi individu yang berasal dari stakeholder kunci –  semakn banyak individu, semakin sulit proses yang akan terjadi.
  2. Kontak dan atur diskusi dengan mereka (tatap muka) perihal pengalaman mereka kegiatan yang dilakukan.
  3. Minta untuk mengingat apa yang akan terjadi, jika kegiatan atau perusahaan tidak ada: Apakah mereka akan mendapatkanpengalaman yang sama dengan kondisi saat ini?; Apakah mereka hanya semata-mata memanfaatkan kegiatan dari perusahaan? Apakah mereka akan pergi keluar desa atau ketempat lain?
  4. Sekali lagi, anda harus memehami apa yang akan terjadi jika tidak ada kegiatan,  dan minta mereka untuk meremalkan berapa banyak perubahan yang mereka alami sebagai hasil dari kegiatan yang dilakukan.
  • Dimana Bukti-buktinya? Lakukan triangulasi bukti
  1. Eksplorasi dengan baik, siapa saja person lainnya yang berkontribusi terhadap hasil/outcome dan apa yang akan terjadi tanpa ada kegiatan.
  2. Lakukan interview kepada stakeholder kunci menggunakan kuisioner untuk melihat persepsinya (setuju atau tidak setuju) dengan orang-orang di atas.
  3. Identifikasi sumber informasi baik lokal atau regional yang terkait dengan perubahan-perubahan hasil/oucome yang disebabkan oleh orang ataupun organisasi yang berada pada wilayah  yang relatif luas.
  4. Gabungkan bukti anda yang diperoleh secara langsung dari stakeholder  dan data sekunder hasil publikasi untuk menympulkan berapa banyak kontribusi anda dalam membuat perubahan-perubahan yang telah dilakukan.

Langkah Transparan

  • Identifikasi sumberdaya Anda
  1. Ketika membuat laporan, yakini bahwa anda membuat penjelasan yang sempurna tentang dari mana bukti-bukti  anda berasal.
  2. Bukti-bukti tersebut berupa informasi tentang sumber publikasidata jika andamemperilehnya dari sumber di tempat lain.
  3. Bukti-bukti tenatang kuisioner anda tentang semua responden, persentase dan seterusnya berdasarkan kuisioner.
  4. Jika anda menggunakan beberapa metodologi untuk mendapatkan bukti, maka jelaskan metodologi tersebut.
  • Ciptakan Akses Publik tentang Informasi yang Anda Miliki

Disamping laporan berguna untuk anda sendiri, pkirkan juga bagaimana laporan anda bisa diakses oleh publik. Laporan cetak juga masih dibutuhkan terutama bagi orang-orang yang tidak mempunyai akses internet.

Lebih baik laporan di publikasi pada domain publik atau pada wesite anda, atau pada website orang lain dimana orang lain dapat mengakses dengan cepat.

  • Forum riview dari stakeholder: Cari Umpan Balik dari Stakeholder Anda

Bilamana anda telah mengekplorasi hasil/outcome, temukan bukti dan buat laporannya. Jangan lupa memeriksa hasil/result anda kepada stakeholder.

Langkah Memferifikasi Hasil/Result

  • Umpan Balik dari Stakeholder

Bilamana anda telah mengekplorasi hasil/outcome, temukan bukti dan buat laporannya. Jangan lupa memeriksa hasil/result anda kepada stakeholder.

  • Umpan Balik dari Expert

Identifikasi sejumlah expert di tempat anda, dan anda kemungkinan besar telah mengenal expert tersebut.

Kontak mereka untuk bisa merievew laporan anda

Kirimkan laporan anda kepada mereka untuk dikomentari, akan tetapi fokuskan kepada 10 pertanyaan. Ini akan menjadi stimulasi respon yang relatif baik dari expert.

  • Umpan Balik dari Jaringan SROI

Anda dapat menemukan proses umpan balik yang terjamin dari jaringan SRIO pada www.sroinetwork.org.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *