0 Replies to “Mekanisme Pasar (3,4)”

  1. Hukum Permintaan ( Law of Demand )
    antara harga barang dan jumlah barang yang diminta mempunyai hubungan yang terbalik. artinya, pada waktu harga naik permintaan akan turun sedangkan apabila harga turun permintaan akan naik.

    Hukum Penawaran ( Law of Supply )
    Jumlah barang yang ditawarkan berbanding lurus dengan tingkat harga. berarti rumusan hukum penawaran menujukkan hubungan searah antara jumlah barang yang ditawarkan dan tingkat harga atau makin tinggi harga suatu barang akan semakin banyak jumlah barang yang ditawarkan. begitu juga sebaliknya, jika makin turun harga suatu barang akan semakin sedikit jumlah barang yang ditawarkan.

  2. Dede Irawan, apa yang anda tulis sudah benar.

    Tapi coba pikirkan lebih lanjut, dari sisi permintaan, adakah terjadi suatu kondisi, dimana jika harga naik, jumlah barang yang diminta juga naik?

    atau dari sisi penawaran, jika harga naik, jumlah barang yang ditawarkan justru turun?

  3. Faktor yang mempengaruhi Penawaran yaitu :
    a. Biaya Produksi
    Dimana apabila biaya produksi untuk barang rendah maka akan menguntungkn para produsen dan merka akan menawarkan barang dalam jumlah banyak, dan sebaliknya bila biaya produksi tinggi maka produsen akan memproduksi barang dalam jumlah yang sedikit dan penawaran relatif sedikit.
    b. Harga Input
    harga-harga input, diumpamakan dengan tenaga kerja yang memiliki pengaruh kuat terhadap biaya untuk memproduksikan suatu tingkat output tertentu.
    c. Kemajuan-kemajuan teknologi
    kemajuan teknologi memungkinkan para produsen memproduksi barang dalam jumlah banyak dengan waktu yang singkat maka akan adanya peningkatan pada penwaran.
    d. kebijakan pemerintah
    kebijakan pemerintah memiliki dampak terhdap kurva penawaran.
    e. faktor-faktor khusus
    faktor khusus seperti cuaca.

    1. Asti Maruddani,

      bagaimana dengan variabel harga barang itu sendiri? tidakkah ia salah satu faktor yang mempengaruhi jumlah barang yang ditawarkan?

      ________________________________

  4. iya, variabel harga itu sendiri pun adalah salah satu dari faktor yang mempengaruhi peranawaran, yakni .. Harga Barang itu Sendiri
    Apabila harga barang yang ditawarkan mengalami kenaikan, maka jumlah barang yang ditawarkan juga akan meningkat. Sebaliknya jika barang yang ditawarkan turun jumlah barang yang ditawarkan penjual juga akan turun. Misalnya jika harga sabun mandi meningkat dari Rp1.500,00 menjadi Rp2.000,00, maka jumlah sabun mandi yang penjual tawarkan akan meningkat pula.

  5. PERMINTAAN DALAM PASAR PRODUK/OUTPUT :
    Permintaan rumah tangga atas kuantitas dari output atau permintaan ditentukan oleh:
    Harga produk
    Pendapatan saat ini dari rumah tangga
    Harga produk alternatif yang tersedia
    Selera dan preferensi rumah tangga
    Ekspektasi masa depan rumah tangga terkait mengenai pendapatannya, kekayaannya dan harga produk

    1. Rido Pratama, bisakah anda jelaskan kepada saya bagaimana hubungan antara harga barang itu dengan jumlah barang tersebut yang diminta? bagaimana hubungan antara pendapatan dengan jumlah permintaan terhadap barang? bisakah anda menjelaskan kepada saya?

  6. faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan :

    1. Rata-rata pendapatan konsumen.
    Apabila pendapatan naik, setiap orang akan cenderung mengkonsumsi lebih/membeli lebih banyak barang meskipun harga barang tidak berubah.
    2. Ukuran pasar.
    Kota yang populasinya lebih besar cenderung akan membeli lebih banyak daripada kota yang populasinya kecil.
    3. ketersediaan produk-produk yang berkaitan. Salah satunya yang penting adalah produk substitusi. Misalnya saja, permintaan akan mobil berukuran sedang akan rendah apabila harga mobil berukuran kecil murah.
    4. Selera masyarakat.
    Berbagai perbedaan sejarah dan budaya akan mempengaruhi selera konsumen. Produk tertentu mungkin laku di suatu wilayah, namun tidak di wilayah lainnya. Misalnya saja, daging kerbau tidak akan laku di India karena tabu untuk dikonsumsi (kerbau adalah binatang yang mulia di India). Perbedaan ini juga dapat berupa kebutuhan psikologi tertentu, pakaian dan makanan khas daerah, rokok, mobil mewah, dan lain sebagainya.
    5. Pengaruh-pengaruh khusus.
    Misalnya saja, permintaan produk menjelang perayaan keagamaan , baju renang menjelang musim panas, payung menjelang musim hujan, dan transportasi publik ketika harga parkir/bensin sangat mahal.

    1. Yoga Rananda, Bagaimana dengan variabel harga barang itu sendiri? seperti apa penjelasannya? Dan bagaimana pula dengan variabel harga barang lain baik yang bersubstitusi maupun barang komplementer? Saya tunggu penjelasan mu.

      ________________________________

  7. faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan
    =>> 1. Tingkat Pendapatan Per Kapita
    Tingkat pendapatan Per Kapita dapat mencerminkan daya beli. Makin tinggi tingkat Pendapatan, daya beli makin kuat, sehingga permintaan terhadap suatu barang meningkat.

    =>> 2. Selera Atau Kebiasaan
    Selera atau Kebiasaan juga dapay mempengaruhi Permintan suatu barang. Beras misalnya. Walaupun harganya sama, permintaan beras per tahun di provinsi Maluku lebih rendah di bandingkan di sumatera utara. mengapa..?? karena orang-orang Maluku lebih menyukai sagu(sejak kecil makan sagu). sebaliknya di sumatera utara, selain menyukai beras, ada kebiasaan(ADAT) yang membutuhkan beras, terutama dikalangan masyarakat BATAK, pada saat acara pernikahan.

    =>> 3. Jumlah Penduduk
    contoh dari BERAS
    sebagai abhan makanan pokok rakyat indonesia, maka permintaan akan beras berhubungan positif dengan jumlah penuduk. Makin banyak jumlah penduduk, permintaaan beras makin banyak.

    =>> 4. Perkiraan Harga di Masa datang
    bila kita memperkirakan bahwa harga suatu barang akan naik, adalah lebih baik membeli barang itu sekarang, sehingga mendorong orang untuk membeli lebih banyak saat ini guna menghemat belanja di masa datang.

    =<< 5. Distribusi Pendapatan
    Tingkat pendapatan per kapita bisa memberikan kesimpulan yang salah bila distribusi pendapatan buruk. Artinya sebagian kecil kelompok masyarakat menguasai begitu besar "KUE" perekonomian. Jika distribusi pendapatan buruk, berarti daya beli secara umum melemah, sehingga permintaan terhadap suatu barang menurun.

    1. Komentar yang bagus Ediansyah, Anda sudah dapat memberikan penjelasan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan terhadap suatu barang, tidak hanya mampu menuliskan faktornya, Good Comment.

      Namun demikian sebagai bahan pemikiran, coba anda simak, Ada beberapa contoh barang/produk yang ketika pendapatan naik, justru permintaan terhadap barang itu menurun. Bisakah anda menjelaskannya? kira kira apa contoh barangnya? Selamat berfikir.

      ________________________________

  8. Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan:

    1. Harga barang ;
    Jika harga makin tinggi maka permintaan makin rendah dan begitu sebaliknya jika harga barang rendah maka permintaan akan barang tersebut makin tinggi.

    2. Pendapatan masyarakat ;
    Makin tinggi pendapatan seseorang maka makin besar daya beli yang ia miliki, sehingga permintaan akan barang dan jasa pun meningkat, dan begitu sebaliknya jika orang berpenghasilan rendah maka pemintaan akan barang dan jasa pun akan menurun.

    3. Selera masyarakat ;
    Jika selera masyarakat meningkat maka permintaan pun meningkat pula, dan sebaliknya. Selera masyarakat sering disebut mode atau tren.

    4. Kualitas barang ;
    Makin tinggi kualitas suatu barang maka keinginan (permintaan) orang untuk dapat memiliki barang tersebut makin besar.

    5. Harga barang lain yang berkaitan ;
    Harga barang lain yang dimaksud ini adalah barang substitusi. Yaitu barang pengganti yang sama fungsinya dengan barang yang dibutuhkan.

    6. Waktu ;
    Pada waktu-waktu tertentu permintaan terhadap barang dan jasa bisa meningkat dari pada hari-hari bisa, seperti pada saat lebaran atau hari-hari besar/istimewa yang lain.

    7. Jumlah penduduk ;
    Makin besar jumlah penduduk maka makin besar pula permintaan terhadap barang dan jasa, dan sebaliknya.

    8. Kejadian yang akan datang ;
    Isu sering kali dikembangkan untuk mempengaruhi permintaan agar dapat meningkat, seperti adanya berita tentang kenaikan BBM, kenaikan sembako dll.

    Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penawaran

    1. Biaya produksi dan teknologi yang digunakan
    Jika biaya pembuatan/produksi suatu produk sangat tinggi maka produsen akan membuat produk lebih sedikit dengan harga jual yang mahal karena takut tidak mampu bersaing dengan produk sejenis dan produk tidak laku terjual. Dengan adanya teknologi canggih bisa menyebabkan pemangkasan biaya produksi sehingga memicu penurunan harga.

    2. Tujuan Perusahaan
    Perusahaan yang bertujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya (profit oriented) akan menjual produknya dengan marjin keuntungan yang besar sehingga harga jual jadi tinggi. Jika perusahaan ingin produknya laris dan menguasai pasar maka perusahaan menetapkan harga yang rendah dengan tingkat keuntungan yang rendah sehingga harga jual akan rendah untuk menarik minat konsumen.

    3. Pajak
    Pajak yang naik akan menyebabkan harga jual jadi lebih tinggi sehingga perusahan menawarkan lebih sedikit produk akibat permintaan konsumen yang turun.

    4. Ketersediaan dan harga barang pengganti/pelengkap
    Jika ada produk pesaing sejenis di pasar dengan harga yang murah maka konsumen akan ada yang beralih ke produk yang lebih murah sehingga terjadi penurunan permintaan, akhirnya penawaran pun dikurangi.

    5. Prediksi / perkiraan harga di masa depan
    Ketika harga jual akan naik di masa mendatang perusahaan akan mempersiapkan diri dengan memperbanyak output produksi dengan harapan bisa menawarkan/menjual lebih banyak ketika harga naik akibat berbagai faktor.

  9. ada, contohnya :
    pada saat menjelang hari raya idul fitri harga barang dan jasa yang ditawarkan dipasaran naik dengan cepatnya. walaupun demikian, permintaan akan barang dan jasa juga ikut naik. padahal secara umum jika penawaran naik maka permintaan akan turun.

  10. Assalamualaikum wrb
    Mekanisme pasar adalah kecenderungan dalam pasar bebas untuk terjadinya perubahan harga sampai pasar menjadi seimbang(jumlah yang ditawarkan sama dengan jumlah yang diminta). Atau dapat di persingkat sebagai proses tarik menarik antara penawaran dan permintaan menuju suatu keseimbangan antara jumlah dan harga.
    Teori ekonomi standar mengatakan bahwa meskipun pengaruh kelembagaan selain free market bisa saja menghasilkan alokasi yang efisien dan optimal. Dengan kata lain, jika pasar tidak eksis, alokasi sumber daya tidak akan terjadi secara efisien dan optimal. Dalam beberapa hal, mekanisme pasar tidak bisa bekerja secara optimal pada beberapa sumber daya alam.

    Pada dasarnya, alokasi barang dan jasa dalam suatu masyarakat dapat dilakukan paling tidak melalui 2 jenis mekanisme. Yaitu melalui mekanisme pasar dan mekanisme birokrasi. Dengan sejumlah kondisi yang disyaratkan, mekanisme pasar dianggap sebagai mekanisme yang dapat mendorong pemakaian sumber daya yang efisien. Namun kegagalan pasar juga bisa terjadi dalam pengalokasian sejumlah barang dan jasa. Ini bisa disebabkan karena adanya public goods beserta eksternalitasnya. Jenis barang dan jasa inilah (beserta mixed goods) yang akan didistribusikan melalui mekanisme birokrasi.

    Karena mekanisme pasar yang berbeda, harga pasar yang tercapai pun menjadi berbeda – beda. Kadang – kadang harga yang terbentuk di pasar bisa menyebabkan kerugian bagi konsumen atau bahkan kerugian bagi produsen juga. Oleh karena itu, pemerintah dalam batas-batas tertentu terkadang perlu melakukan intervensi dalam pembentukan harga dengan tujuan harga yang terbentuk tidak akan merugikan konsumen maupun produsen. Hal yang biasanya dilakukan pemerintah antara lain adalah: penentuan harga eceran tertinggi, penentuan harga eceran terendah, penetapan pajak, serta pemberian subsidi.

    Mekanisme pasar tidak dapat berfungsi tanpa keberadaan aturan yang dibuat pemerintah. Peranan pemerintah menjadi lebih penting karena mekanisme pasar saja tidak bisa menyelesaikan semua persoalan ekonomi. Untuk menjamin efisiensi, pemerataan dan stabilitas ekonomi, peran dan fungsi negara mutlak diperlukan dalam perekonomian sebagai pengendali mekanisme pasar. Walaupun dalam sistem ekonomi pasar, masalah ekonomi utama diserahkan kepada mekanisme pasar, namun pada beberapa kasus tertentu pemerintah tetap harus campur tangan untuk menghindari kekacauan dalam bidang ekonomi.

    Contohnya
    Tiga pemasalahan ekonomi

    – Barang apa yang akan diproduksi ditentukan oleh daya beli konsumen
    – Bagaimana barang tsb diproduksi ditentukan oleh persaingan anta produsen
    – Untuk siap[a barang tersebut diproduksi ditentukan oleh permintaan dan penawaran

  11. ASSALAMUALIKUM WR.WB
    FAKTOR-FAKTOR YG MEMPENGARUHI PERMINTAAN DAN PENAWARAN

    Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi permintaan terhadap barang dan jasa, antara lain :

    – Tingkat pendapatan seseorang/masyarakat
    – Jumlah penduduk
    – Selera penduduk
    – Fluktuasi ekonomi
    – Harga barang yang di tuju
    – Harga barang subsitusi
    – Faktor lain (harapan, hubungan sosial, dan politik)
    Besar kecilnya permintaan di tentukan oleh tinggi rendahnya harga, tentu saja hal ini akan berlaku bila faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan tidak ada perubahan (tetap) atau disebut ada dalam keadaan ceteris paribus.
    Dalam keadaan seperti itu, berlaku perbandingan terbalik antar harga terhadap permintaan dan perbandingan lurus antara harga dengan penawaran seperti apa yang dikatakan Alfred Marshall. Yang menyebutkan bahwa perbandingan terbalik antara harga terhadap permintaan disebut sebagai hukum permintaan.

    Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi penawaran terhadap barang dan jasa, antara lain :

    – Harga barang yang dituju
    – Biaya produksi dan ongkos
    – Tujuan produksi
    – Teknologi yang digunakan
    – Harga barang subsitusi
    – Lain hal (factor sosial/politik)

    Apabila terdapat perubahan harga barang yang dituju, sedangkan factor-faktor yang mempengaruhi penawaran seperti : biaya produksi dan ongkos, tujuan produksi , teknologi yang digunakan, harga barang subsitusi dan lain-lain hal tidak berubah. Maka penawaran akan ditentukan oleh harga, jadi besar kecilnya jumlah barang/jasa yang ditawarkan tergantung pada tinggi rendahnya harga. Menurut Alfred Marshall perbandingan lurus antara harga terhadap penawaran disebut sebagai hukum penawaran.
    WASALAMUALAIKUM WR.WB 

  12. Assalamu’alaikum wr.wb
    faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran yaitu :
    A. Kurva Permintaan
    Kurva permintaan menunjukkan hubungan antara harga suatu produk dengan kuantitas yang diminta, jika hal-hal lainnya konstan/ceteris paribus. Permintaan ber-slope negatif terhadap harga (hukum permintaan). Dengan kata lain, ketika harga naik permintaan akan turun, dan ketika harga turun permintaan akan naik.
    Kuantitas permintaan cenderung turun ketika harga naik karena dua alasan dasar :
    1. Efek substitusi. Naiknya harga suatu produk akan mengakibatkan konsumen mencari substitusi yang harganya tidak naik. Misalnya saja, harga telur bebek naik, maka dapat diganti dengan telur ayam. (Produk substitusi adalah produk-produk yang memiliki fungsi sama/serupa).
    2. Efek pendapatan. Apabila harga naik sementara pendapatan konsumen tidak berubah, maka daya beli riil konsumen tersebut berkurang.
    Kuantitas yang diminta semua individu pada setiap tingkat harga dapat dijumlahkan untuk memperoleh permintaan pasar (market demand). Ada beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan pasar :
    1. Rata-rata pendapatan konsumen. Apabila pendapatan naik, setiap orang akan cenderung mengkonsumsi lebih/membeli lebih banyak barang meskipun harga barang tidak berubah.
    2. Ukuran pasar. Kota yang populasinya lebih besar cenderung akan membeli lebih banyak daripada kota yang populasinya kecil.
    3. Harga dan ketersediaan produk-produk yang berkaitan. Salah satunya yang penting adalah produk substitusi. Misalnya saja, permintaan akan mobil berukuran sedang akan rendah apabila harga mobil berukuran kecil murah.
    4. Selera. Berbagai perbedaan sejarah dan budaya akan mempengaruhi selera konsumen. Produk tertentu mungkin laku di suatu wilayah, namun tidak di wilayah lainnya. Misalnya saja, daging kerbau tidak akan laku di India karena tabu untuk dikonsumsi (kerbau adalah binatang yang mulia di India). Perbedaan ini juga dapat berupa kebutuhan psikologi tertentu, pakaian dan makanan khas daerah, rokok, mobil mewah, dan lain sebagainya.
    5. Pengaruh-pengaruh khusus. Misalnya saja, permintaan produk dekorasi natal menjelang perayaan Natal, baju renang menjelang musim panas, payung menjelang musim hujan, dan transportasi publik ketika harga parkir/bensin sangat mahal.
    B. Kurva Penawaran
    Kurva penawaran menunjukkan hubungan antara harga suatu produk dengan kuantitas yang ditawarkan (kuantitas yang bersedia diproduksi/dijual), jika hal-hal lainnya konstan/ceteris paribus. Kurva penawaran ber-slope positif, yaitu jika harga naik maka kuantitas penawaran akan bertambah, dan sebaliknya.
    Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kurva penawaran, yaitu :
    1. Teknologi. Teknologi berkaitan erat dengan biaya produksi. Perkembangan teknologi cenderung menurunkan biaya produksi. Semakin rendah biaya produksi atas suatu produk, semakin banyak jumlah yang diproduksi/dijual.
    2. Harga input. Harga input seperti tenaga kerja, mesin, dan material juga sangat mempengaruhi biaya produksi. Semakin rendah harganya, semakin banyak kuantitas yang bersedia diproduksi.
    3. Harga produk-produk yang berkaitan. Ini terutama berlaku untuk output substitusi yang diproduksi oleh satu perusahaan. Misalnya perusahaan motor memproduksi model A dan B. Jika model A lebih laku dan/atau harganya naik, maka kapasitas untuk memproduksi model B akan dialihkan untuk menambah produksi model A.
    4. Kebijakan pemerintah. Kebijakan seperti pajak, teknologi yang boleh/tidak boleh digunakan, lingkungan hidup, harga listrik, upah minimum, dan lain-lainnya akan mempengaruhi biaya produksi, dan pada akhirnya empengaruhi kuantitas yang bersedia diproduksi.
    5. Pengaruh-pengaruh khusus. Misalnya cuaca mempengaruhi produksi pertanian, dorongan yang tinggi akan inovasi menghasilkan produk inovatif, dls.
    C. Keseimbangan (Ekuilibrium) Kurva Permintaan dan Penawaran
    Kurva permintaan dan penawaran memiliki slope yang berlawanan. Apabila kedua kurva tersebut bertemu, yang berarti pada tingkat harga tertentu kuantitas diminta sama dengan kuantitas ditawarkan, maka terjadi keseimbangan (ekuilibrium) di pasar. Harga pada posisi ekuilibrium ini disebut juga harga kliring pasar (market clearing price).
    Sekian…
    Wassalamu’alaikum wr.wb

  13. Pengertian/Arti Definisi Permintaan dan Penawaran

    Permintaan adalah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu. Sedangkan pengertian penawaran adalah sejumlah barang yang dijual atau ditawarkan pada suatu harga dan waktu tertentu.

    Contoh permintaan adalah di pasar kebayoran lama yang bertindak sebagai permintaan adalah pembeli sedangkan penjual sebagai penawaran. Ketika terjadi transaksi antara pembeli dan penjual maka keduanya akan sepakat terjadi transaksi pada harga tertentu yang mungkin hasil dari tawar-menawar yang alot.

    Hukum Permintaan dan Hukum Penawaran

    Jika semua asumsi diabaikan (ceteris paribus) : Jika harga semakin murah maka permintaan atau pembeli akan semakin banyak dan sebaliknya. Jika harga semakin rendah/murah maka penawaran akan semakin sedikit dan sebaliknya.

    Semua terjadi karena semua ingin mencari kepuasan (keuntungan) sebesar-besarnya dari harga yang ada. Apabila harga terlalu tinggi maka pembeli mungkin akan membeli sedikit karena uang yang dimiliki terbatas, namun bagi penjual dengan tingginya harga ia akan mencoba memperbanyak barang yang dijual atau diproduksi agar keuntungan yang didapat semakin besar. Harga yang tinggi juga bisa menyebabkan konsumen/pembeli akan mencari produk lain sebagai pengganti barang yang harganya mahal.

    Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Permintaan (Demand)

    1. Perilaku konsumen / selera konsumen
    Saat ini handphone blackberry sedang trend dan banyak yang beli, tetapi beberapa tahun mendatang mungkin blackberry sudah dianggap kuno.

    2. Ketersediaan dan harga barang sejenis pengganti dan pelengkap
    Jika roti tawar tidak ada atau harganya sangat mahal maka meises, selai dan margarin akan turun permintaannya.

    3. Pendapatan/penghasilan konsumen
    Orang yang punya gaji dan tunjangan besar dia dapat membeli banyak barang yang dia inginkan, tetapi jika pendapatannya rendah maka seseorang mungkin akan mengirit pemakaian barang yang dibelinya agar jarang beli.

    4. Perkiraan harga di masa depan
    Barang yang harganya diperkirakan akan naik, maka orang akan menimbun atau membeli ketika harganya masih rendah misalnya seperti bbm/bensin.

    5. Banyaknya/intensitas kebutuhan konsumen
    Ketika flu burung dan flu babi sedang menggila, produk masker pelindung akan sangat laris. Pada bulan puasa (ramadhan) permintaan belewah, timun suri, cincau, sirup, es batu, kurma, dan lain sebagainya akan sangat tinggi dibandingkan bulan lainnya.

    Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penawaran (Suply)

    1. Biaya produksi dan teknologi yang digunakan
    Jika biaya pembuatan/produksi suatu produk sangat tinggi maka produsen akan membuat produk lebih sedikit dengan harga jual yang mahal karena takut tidak mampu bersaing dengan produk sejenis dan produk tidak laku terjual. Dengan adanya teknologi canggih bisa menyebabkan pemangkasan biaya produksi sehingga memicu penurunan harga.

    2. Tujuan Perusahaan
    Perusahaan yang bertujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya (profit oriented) akan menjual produknya dengan marjin keuntungan yang besar sehingga harga jual jadi tinggi. Jika perusahaan ingin produknya laris dan menguasai pasar maka perusahaan menetapkan harga yang rendah dengan tingkat keuntungan yang rendah sehingga harga jual akan rendah untuk menarik minat konsumen.

    3. Pajak
    Pajak yang naik akan menyebabkan harga jual jadi lebih tinggi sehingga perusahan menawarkan lebih sedikit produk akibat permintaan konsumen yang turun.

    4. Ketersediaan dan harga barang pengganti/pelengkap
    Jika ada produk pesaing sejenis di pasar dengan harga yang murah maka konsumen akan ada yang beralih ke produk yang lebih murah sehingga terjadi penurunan permintaan, akhirnya penawaran pun dikurangi.

    5. Prediksi / perkiraan harga di masa depan
    Ketika harga jual akan naik di masa mendatang perusahaan akan mempersiapkan diri dengan memperbanyak output produksi dengan harapan bisa menawarkan/menjual lebih banyak ketika harga naik akibat berbagai faktor.

  14. selamat malam pak
    saya cuma mau menambah kan satu komentar mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan karena saya lihat komen dari semua teman sama dengan apa yang ingin saya komen tapi saya mau menambahkan 1 lagi pak yaitu faktor fisik dari konsumen itu sendiri baik dari segi rohani dan jasmani.otomatis bila si konsumen sakit pasti permintaan terhadap obat atau perawatan tinggi,,begitu juga dengan si konsumen yang sehat,,Jadi pak menurut saya faktor harga dalam pengaruhnya dalam faktor permintaan itu hanya berlaku secara umum karena di pengaruhi oleh kondisi kesehatan sikonsumen juga,,sebesar apa pun harga obat-obatan dan biaya perawatan tidak mempengaruhi permintaan dari konsumen yang sakit kerena dia akan meminta atau membeli obatan dan perawatan demi kesehatan dirinya.Jika komen saya kurang jelas saya minta tolong pak jelaskan bagaimana sih kondisi si konsumen dalam pengaruhnya terhadap faktor yang mempengaruhi permintaan..khususnya dalam faktor harga..karena menurut faktor harga apabila harga naik maka permintaan turun..
    Terima kasih pak..selamat malam

    1. Good Comment Salomo Lumban Gaol Anda telah memahami bahwa banyak sekali faktor yang mempengaruhi permintaan terhadap suatu barang.

      ________________________________

  15. 3. Macam-Macam Permintaan

    Permintaan dapat dibedakan menjadi beberapa kelompok, antara lain permintaan berdasarkan daya beli dan jumlah subjek pendukung.

    a. Permintaan Menurut Daya Beli
    Berdasarkan daya belinya, permintaan dibagi menjadi tiga macam, yaitu permintaan efektif, permintaan potensial, dan permintaan absolut.
    1) Permintaan efektif adalah permintaan masyarakat terhadap suatu barang atau jasa yang disertai dengan daya beli atau kemampuan membayar. Pada permintaan jenis ini, seorang konsumen memang membutuhkan barang itu dan ia mampu membayarnya.
    2) Permintaan potensial adalah permintaan masyarakat terhadap suatu barang dan jasa yang sebenarnya memiliki kemampuan untuk membeli, tetapi belum melaksanakan pembelian barang atau jasa tersebut. Contohnya Pak Luki sebenarnya mempunyai uang yang cukup untuk membeli kulkas, namun ia belum mempunyai keinginan untuk membeli kulkas.
    3) Permintaan absolut adalah permintaan konsumen terhadap suatu barang atau jasa yang tidak disertai dengan daya beli. Pada permintaan absolut konsumen tidak mempunyai kemampuan (uang) untuk membeli barang yang diinginkan. Contohnya Hendra ingin membeli sepatu olahraga. Akan tetapi uang yang dimiliki Hendra tidak cukup untuk membeli sepatu olahraga. Oleh karena itu keinginan Hendra untuk membeli sepatu olahraga tidak bisa terpenuhi.

    b . Permintaan Menurut Jumlah Subjek Pendukungnya
    Berdasarkan jumlah subjek pendukungnya, permintaan terdiri atas permintaan individu dan permintaan kolektif.
    1 ) Permintaan individu
    Permintaan individu adalah permintaan yang dilakukan oleh seseorang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Contoh bentuk permintaan individu seperti pada Tabel 17.1 mengenai daftar permintaan jeruk Desi.
    2 ) Permintaan kolektif
    Permintaan kolektif atau permintaan pasar adalah kumpulan dari permintaan-permintaan perorangan/individu atau permintaan secara keseluruhan para konsumen di pasar. Contohnya, selain Desi, di pasar juga ada beberapa pembeli lainnya yang akan membeli jeruk. Jika permintaan Desi dan teman-temannya tersebut digabungkan maka terbentuk permintaan pasar.

  16. 3. Macam-Macam Permintaan

    Permintaan dapat dibedakan menjadi beberapa kelompok, antara lain permintaan berdasarkan daya beli dan jumlah subjek pendukung.

    a. Permintaan Menurut Daya Beli
    Berdasarkan daya belinya, permintaan dibagi menjadi tiga macam, yaitu permintaan efektif, permintaan potensial, dan permintaan absolut.
    1) Permintaan efektif adalah permintaan masyarakat terhadap suatu barang atau jasa yang disertai dengan daya beli atau kemampuan membayar. Pada permintaan jenis ini, seorang konsumen memang membutuhkan barang itu dan ia mampu membayarnya.
    2) Permintaan potensial adalah permintaan masyarakat terhadap suatu barang dan jasa yang sebenarnya memiliki kemampuan untuk membeli, tetapi belum melaksanakan pembelian barang atau jasa tersebut. Contohnya Pak Luki sebenarnya mempunyai uang yang cukup untuk membeli kulkas, namun ia belum mempunyai keinginan untuk membeli kulkas.
    3) Permintaan absolut adalah permintaan konsumen terhadap suatu barang atau jasa yang tidak disertai dengan daya beli. Pada permintaan absolut konsumen tidak mempunyai kemampuan (uang) untuk membeli barang yang diinginkan. Contohnya Hendra ingin membeli sepatu olahraga. Akan tetapi uang yang dimiliki Hendra tidak cukup untuk membeli sepatu olahraga. Oleh karena itu keinginan Hendra untuk membeli sepatu olahraga tidak bisa terpenuhi.

    b . Permintaan Menurut Jumlah Subjek Pendukungnya
    Berdasarkan jumlah subjek pendukungnya, permintaan terdiri atas permintaan individu dan permintaan kolektif.
    1 ) Permintaan individu
    Permintaan individu adalah permintaan yang dilakukan oleh seseorang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
    2 ) Permintaan kolektif
    Permintaan kolektif atau permintaan pasar adalah kumpulan dari permintaan-permintaan perorangan/individu atau permintaan secara keseluruhan para konsumen di pasar. Contohnya, selain Desi, di pasar juga ada beberapa pembeli lainnya yang akan membeli jeruk. Jika permintaan Desi dan teman-temannya tersebut digabungkan maka terbentuk permintaan pasar.

  17. Mekanisme pasar adalah kecenderungan dalam pasar bebas untuk terjadinya perubahan harga sampai pasar menjadi seimbang(jumlah yang ditawarkan sama dengan jumlah yang diminta). Teori ekonomi standar mengatakan bahwa meskipun pengaruh kelembagaan selain free market bisa saja menghasilkan alokasi yang efisien dan optimal. Dengan kata lain, jika pasar tidak eksis, alokasi sumber daya tidak akan terjadi secara efisien dan optimal. Dalam beberapa hal, mekanisme pasar tidak bisa bekerja secara optimal pada beberapa sumber daya alam.

    Pada dasarnya, alokasi barang dan jasa dalam suatu masyarakat dapat dilakukan paling tidak melalui 2 jenis mekanisme. Yaitu melalui mekanisme pasar dan mekanisme birokrasi. Dengan sejumlah kondisi yang disyaratkan, mekanisme pasar dianggap sebagai mekanisme yang dapat mendorong pemakaian sumber daya yang efisien. Namun kegagalan pasar juga bisa terjadi dalam pengalokasian sejumlah barang dan jasa. Ini bisa disebabkan karena adanya public goods beserta eksternalitasnya. Jenis barang dan jasa inilah (beserta mixed goods) yang akan didistribusikan melalui mekanisme birokrasi.

    Karena mekanisme pasar yang berbeda, harga pasar yang tercapai pun menjadi berbeda – beda. Kadang – kadang harga yang terbentuk di pasar bisa menyebabkan kerugian bagi konsumen atau bahkan kerugian bagi produsen juga. Oleh karena itu, pemerintah dalam batas-batas tertentu terkadang perlu melakukan intervensi dalam pembentukan harga dengan tujuan harga yang terbentuk tidak akan merugikan konsumen maupun produsen. Hal yang biasanya dilakukan pemerintah antara lain adalah: penentuan harga eceran tertinggi, penentuan harga eceran terendah, penetapan pajak, serta pemberian subsidi.

    Mekanisme pasar tidak dapat berfungsi tanpa keberadaan aturan yang dibuat pemerintah. Peranan pemerintah menjadi lebih penting karena mekanisme pasar saja tidak bisa menyelesaikan semua persoalan ekonomi. Untuk menjamin efisiensi, pemerataan dan stabilitas ekonomi, peran dan fungsi negara mutlak diperlukan dalam perekonomian sebagai pengendali mekanisme pasar. Walaupun dalam sistem ekonomi pasar, masalah ekonomi utama diserahkan kepada mekanisme pasar, namun pada beberapa kasus tertentu pemerintah tetap harus campur tangan untuk menghindari kekacauan dalam bidang ekonomi.

  18. Assalamualaikum Pak,
    Maaf saya salah tempat untuk komentar materi kuliah nya pak
    Maaf ya Pak

  19. assalamualaikum pak..
    apakah jumlah permintaan bergantung pada jumlah penduduk.
    sedangkan jika kita lihat bahwa dalam rumus permintaan hanya bergantung kepada harga (price)..Qd:a+ Px

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *